Prof Ron Deibert dan Black Code

Prof Ron Deibert dan Black Code

Bagi yang tidak mengerti konsep Internet dasar, membaca buku Black Code: Surveillance, Privacy and The Dark Side of the Internet mungkin akan menantang. Kendati sang penulis, Ronald J. Deibert berusaha untuk membahasakan persoalan dengan sederhana tetapi beberapa istilah teknis, paling tidak untuk saya, tetap perlu waktu untuk dicerna.

Kendati menantang, namun membaca buku ini mengasyikkan. Buku ini menguak Internet dan kompleksitasnya terkait dengan masalah keamanan (security) – salah satunya spionase, kejahatan di dunia cyber sampai ke masalah privasi. Membaca buku ini menjadi relevan terutama setelah skandal National Security Agency (NSA) dan penyadapan yang dilakukannya di banyak negara.

Pengalaman Ron dalam memimpin lembaga Citizen Lab adalah sumber kekayaan tulisan di buku ini. Citizen Lab adalah sebuah lembaga di dalam Universitas Toronto yang punya misi untuk membedah Internet, termasuk semua hal buruk terkait dengannya, melalui kacamata pengguna biasa. Citizen Lab melakukan itu melalui beragam riset baik teknis maupun di lapangan dengan menggunakan disiplin beragam ilmu, termasuk ilmu sosial.

Buku ini menjadi sangat menarik karena menceritakan bagaimana perjalanan mereka selama kurang lebih 10 tahun terakhir, termasuk ketika Citizen Lab melakukan investigasi ke semua komputer di kantor Dalai Lama terkait dengan spionase pemerintah Cina. Rangkaian investigasi ini tidak hanya memiliki akses penuh ke kantor Dalai Lama, tetapi juga semua komputer di kantor pemerintah Tibet yang berada di luar Tibet dan Organisasi Non-Pemerintah Tibet di beberapa kota seperti Dharamsala, New York dan Brussels.”

Silakan baca selanjutnya disana ya, karena tulisan ini dimuat disana: http://www.alineatv.com/2014/05/menguak-kuasa-gelap-dalam-internet/