Riset ini adalah mimpi saya.

Sebagai seseorang yang sudah satu dekade berkecimpung dalam isu media development di Indonesia, saya ingin sekali menjadi bagian dari penulisan riset panjang tentang sejarah perkembangan media di Indonesia. Saat saya cuti sabbatical di Manchester, diskusi dengan mas Yanuar Nugroho dan rekan-rekan dari CIPG seperti Mirta Amalia dan Jimmy Tanaya. Diskusi ini kemudian dikerucutkan menjadi proposal.

Dan kemudian riset ini dijalankan dan dituliskan bersama dengan Dinita Putri dan Fajri Siregar dan Yanuar Nugroho. Saya adalah co-author dari riset ini dan saat itu sangat repot karena saya masih jadi Pjs Direktur tempat saya kerja. 🙂

Silakan didownload, riset pertama yang menjelaskan secara ekstensif kebijakan media dan industri media di Indonesia setelah masa reformasi. Riset pertama juga yang mengkaji kondisi media di Indonesia dari kacamata warga negara!

Copy and paste halaman ini, lalu download. Saat ini baru ada versi Bahasa Inggris, akan ada versi Bahasa Indonesia nantinya. http://mediarights.or.id/recent-works/reports/

Bisa juga download di: MediaIndustry-CIPG-Hivos-MAN_FINAL_rev (Media Industry) dan MediaPolicy-CIPG-Hivos-MAN_FINAL (Media Policy).